Kambing dan Serigala

Malik bin Dinar berkata: ‘Ketika Umar bin Abdul Aziz diangkat menjadi khalifah, para pengembala kambing di puncak gunung berkata: ‘Siapakah khalifah yang saleh yang sedang memerintah manusia sekrang ini?’ Lalu orang-orang yang berasal dari kota bertanya kepada mereka:’Mengapa kalian mengetahui semua itu? Mereka menjawab :Sesungguhnya apabila pemerintahan dipegang oleh seorang khalifah yang saleh, serigala dan singa tidak akan mengganggu kambing-kambing kami lagi!!”

Hasan al Qashsar erkata: “aku bekerja sebagai pemerah susu kambing pada masa pemerintahan Klaifah Umar bin Abdul Aziz.Pada suatu ketika aku melewati seorang pengembala ,sedangkan di tengah-tengah gerombolan kambingnya terdapat 30 serigala. Padahal, sebelumnya aku mengira segerombolan anjing karena aku belum pernah melihat serigala. Aku bertanya :”wahai pengembala,untuk apakah anjing sebanyak ini? Di amenjawab:”wahai anak muda, ini bukan kawanan anjing, melainkan kawanan serigala. Aku berkata:”Subhanallah, apakah serigala tidak membahayakan kambing-kambingmu? Dia mwnjawab : “wahai anak muda, apabila kepala sudah sehat , maka badan tidak akan rusak.”Pada masa itu adalah masa pemerintahan Khalifah Umar Bin Abdul Aziz.

Musa bin Ayn berkata: ‘Pada masa pemerintahan Khalifah Umar Bin Abdul Azziz, kami menggembalakan kambing bersama serigala dalam satu tempat, demi Allah. Pada suatu malam serigala menyerang seekor kambing kami. Aku berkata: Dengan adanya peristiwa ini kami memperkirakan bahwa laki-laki yang saleh tersebut sudah mati. Hammad berkata: ‘orang ini dan lainnya juga mengatakan kepadaku bahwa mereka hanya mengira, tetapi besoknya ternyata memang benar bahwa dia (Khalifah Umar Bin Abdul Aziz)telah meninggal dunia pada malam itu.’’

sumber:wahyutoagung.blogspot.com

0 comments:

Post a Comment