Cara merawat kompor gas

Saat ini hampir semua disetiap rumah tangga sudah mempergunakan kompor gas. Apalagi dengan adanya program kompor gas gratis yang dilakukan pemerintah terkait erat dengan ketersediaan minyak tanah yang kian menipis. Walaupun kompor gas cenderung bersih dan praktis pemakaiannya, tetap membutuhkan perawatan agar kompor tetap awet, apinya menyala biru dan kondisi fisiknya tetap menarik. Sesekali periksalah secara berkala atau Anda bisa memanggil petugas yang biasa menanggani kompor gas. Supaya kompor gas di rumah kita awet dan tahan lama maka diperlukan perawatan, antara lain. Berikut tips-tips merawat kompor gas dengan baik sehingga aman bagi Anda:
  • Untuk menjaga api tetap menyala biru, belilah gas pada distributor resmi Pertamina agar kualitasnya terjamin.
  • Secara rutin anda harus memastikan selang kompor gas agar jauh dari permukaan panas, tidak pada posisi tertekuk dan permukaan luar selang tidak terlihat retak-retak yang dapat memungkinkan terjadinya kebocoran
  • Secara kontinyu periksa regulator yang berfungsi mengatur tekanan gas dari tabung LPG. Pastikan regulator tersebut terpasang dengan benar. Tekanan yang ideal untuk kompor ada pada posisi low presure. Hindari tekanan yang melebihi kekuatan tabung karena berisiko terjadi ledakan.
  • Gunakan regulator yang dilengkapi dengan child safety lock, karena aman dari jangkauan anak-anak. Menggunakan drat ulir, mudah dan aman dalam pemakaian. Regulator akan menutup secara otomatis jika terjadi kebocoran. Dan gunakan selang dan regulator yang dilengkpai dengan pengukur tekanan (pressure gauge).Jual elektronik jakarta, Harga elektronik jakarta,
  • Periksa selang secara teratur, bila terasa kaku segera ganti, Jangan sampai selang tertekuk, tertimpa, terjepit benda lain. Dan periksa juga klem sambungan dari selang, jangan sampai kendor. Jika terasa kendor segera kencangkan baut klemnya.
  • Rutin membersihkan lubang kompor tempat keluarnya api. Cara membersihkannya bisa menusuk lubang dengan jarum atau dengan sikat supaya kotoran yang ada didalam lubang keluar. Karena kotoran ini yang bisa menyebabkan api biru menjadi merah.
  • Tempatkan kompor pada ruangan yang berventilasi baik (ada angin yang berhembus masuk dan keluar dengan baik. Hindari letak kompor gas yang langsung berhadapan dengan lubang ventilasi, kondisi ini menyebabkan api kompor menyebar.
  • Jangan sesekali anda menyalakan api jika tidak ada alat memasak diatasnya, karena ini dapat menimbulkan bau gas dari api yang anda tinggalkan walaupun hanya dalam waktu 5 detik.
  • Setelah memasak, selalu bersihkan bagian badan atau bodi kompor. Jangan tunggu sampai mengerak karena akan semakin sulit membersihkannya. Bila masih ada minyak yang menempel, lap dengan kertas bekas, baru kemudian dengan kain.
  • Mencuci bagian-bagian yang dilapisi Enamel atau krom dengan air sabun hangat atau deterjen yang non -abrasif. Setelah kering betul baru anda bisa memasang kembali lapisan enamel atau krom tersebut.
  • Untuk membersihkan tungku, lepas seluruh bagiannya. Lap dengan teliti satu persatu. Untuk bagian yang bergerigi sebaiknya menggunakan sikat plastik agar mudah menjangkaunya.
  • Pilihlah kompor gas yang bagian atasnya tahan karat, rata, dan tidak berlubang agar mudah dibersihkan.
Dengan perawatan yang benar dan dilakukan secara kontinyu, nisacaya kompor gas di rumah Anda bukan hanya awet tapi juga memiliki api yang menyala biru.
sumber:dapurkita.com

0 comments:

Post a Comment